SILABUS MATA
PELAJARAN SEJARAH INDONESIA UNTUK SMA/MA
(WAJIB)
Satuan Pendidikan : SMA/MA
Mata Pelajaran :
Sejarah Indonesia
Kelas : X
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI
2 : Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama,
toleran,damai),
santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI
3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk
memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menghayati
keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya.
1.2 Menghayati
keteladanan para pemimpin dalam toleransi antar umat beragama dan
mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
2.1 Menunjukkan
sikap tanggung jawab, peduli terhadap
berbagai hasil budaya pada zaman pra aksara,
Hindu-Buddha dan Islam
2.2 Meneladani sikap
dan tindakan cinta damai, responsif dan pro aktif yang ditunjukkan oleh tokoh
sejarah dalam mengatasi masalah sosial dan lingkungannya
2.3 Berlaku jujur
dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
|
|
|
|
|
|
3.1 Memahami dan
menerapkan konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan
waktu dalam sejarah
4.1 Menyajikan
informasi mengenai keterkaitan antara konsep berpikir kronologis ( diakronik ), sinkronik, ruang dan waktu
dalam sejarah
|
Cara Berfikir Kronologis dan
Sinkronik dalam mempelajari Sejarah
·
Cara berfikir kronologis dalam mempelajari sejarah
·
Cara berfikir sinkronik dalam mempelajari sejarah
·
Konsep ruang dan waktu
|
Mengamati:
·
membaca buku teks tentang cara berfikir kronologis, sinkronik,
dan konsep waktu serta ruang dalam
sejarah
Menanya:
·
Menanya untuk mendapatkan
pendalaman pengertian tentang cara berfikir kronologis, sinkronik, dan konsep
waktu dan ruang dalam sejarah
Mengeksplorasikan:
·
mengumpulkan informasi terkait dengan pertanyaan
mengenai cara berfikir kronologis, sinkronik, konsep ruang dan waktu dari sumber tertulis, sumber lainnya dan atau internet.
Mengasosiasikan:
·
menganalisis hasil informasi yang didapat dari sumber
tertulis dan atau internet untuk mendapatkan
kesimpulan tentang cara
berfikir kronologis dan sinkronik serta keterkaitan antara
cara berfikir kronologis,
sinkronik dengan konsep ruang dan waktu
dalam sejarah.
Mengomunikasikan:
·
hasil analisis kemudian di laporkan dalam bentuk
tulisan tentang cara
berfikir kronologis dan sinkronik serta keterkaitan antara cara berfikir kronologis, sinkronik
dengan konsep ruang dan waktu dalam
sejarah.
|
Tugas : membuat
laporan dalam bentuk tulisan tentang cara
berfikir kronologis, sinkronik, ruang dan waktu dalam
sejarah.
Observasi: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan tentang cara
berfikir kronologis, sinkronik, ruang dan waktu dalam
sejarah.
Portofolio: Menilai
laporan-laporan dan karya peserta
didik berkaitan dengan materi
cara berfikir kronologis, sinkronik, ruang dan
waktu dalam sejarah.
Tes tertulis: menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami dan menerapkan cara berfikir
kronologis, sinkronik serta keterkaitannya dengan konsep ruang dan waktu dalam sejarah.
|
3 mg x 2 jp
|
·
Buku Sejarah Indonesia kelas X.
·
Buku-buku
lainya
·
Internet (jika tersedia)
|
3.2 Memahami corak
kehidupan masyarakat pada zaman praaksara
3.3 Menganalisis
asal-usul nenek moyang bangsa
Indonesia (Proto, Deutero Melayu dan Melanesoid)
3.4 Menganalisis
berdasarkan tipologi hasil budaya Praaksara Indonesia termasuk yang berada di
lingkungan terdekat.
4.2 Menyajikan hasil
penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara dalam
bentuk tulisan.
4.3 Menyajikan
kesimpulan-kesimpulan dari informasi mengenai asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero
Melayu dan Melanesoid) dalam bentuk tulisan.
4.4 Menalar
informasi mengenai hasil budaya Praaksara Indonesia termasuk yang berada di
lingkungan terdekat dan menyajikannya
dalam bentuk tertulis.
|
Indonesia Zaman Praaksara: awal kehidupan Manusia Indonesia.
·
Awal kehidupan
masyarakat Indonesia
·
Asal-usul nenek
Moyang bangsa Indonesia
·
Kebudayaan
zaman praaksara
|
Mengamati:
·
membaca buku teks dan melihat gambar-gambar
tentang aktivitas kehidupan masyarakat zaman praaksara, peta persebaran
asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan
peninggalan hasil kebudayaan pada zaman praaksara.
Menanya:
·
Menanya
melalui kegiatan diskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang kehidupan masyarakat zaman praaksara, persebaran
asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan peninggalan hasil-hasil kebudayaan pada zaman praaksara.
Mengeksplorasikan:
·
mengumpulkan informasi terkait dengan pertanyaan
mengenai masyarakat Indonesia zaman praaksara melalui bacaan, pengamatan terhadap sumber-sumber praaksara
yang ada di museum atau
peninggalan-peninggalan yang ada di lingkungan terdekat.
Mengasosiasikan:
·
menganalisis informasi dan data-data yang didapat baik
dari bacaan maupun dari
sumber-sumber lain yang terkait
untuk mendapatkan kesimpulan tentang kehidupan masyarakat Indonesia pada zaman praaksara.
Mengomunikasikan:
·
hasil analisis
dan kesimpulan kemudian disampaikan dalam bentuk laporan
tertulis tentang Indonesia pada zaman praaksara.
|
Tugas : membuat
laporan dalam bentuk tulisan mengenai kehidupan zaman praaksara
di Indonesia.
Observasi: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan, menganalisis data dan
membuat laporan tentang
kehidupan zaman praaksara
di Indonesia
Portofolio
: menilai
laporan-laporan dan karya peserta didik berkaitan dengan materi kehidupan zaman praaksara
di Indonesia.
Tes tertulis/lisan: menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami dan
menganalisis tentang Indonesia pada
zaman praaksara
|
8 mg x 2 jp
|
·
Buku Sejarah Indonesia kelas X.
·
Buku-buku lainya
·
Internet (jika tersedia)
·
Gambar aktifitas kehidupan manusia praaksara
·
Gambar hasil-hasil peninggalan kebudayaan praaksara
·
Peta penyebaran nenek moyang bangsa Indonesia
|
3.5 Menganalisis
berbagai teori tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan
kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia.
3.6 Menganalisis
karakteristik kehidupan masyarakat,
pemerintahan dan kebudayaan pada masa
kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia serta menunjukan
contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia
masa kini.
4.5 Mengolah
informasi mengenai proses masuk dan perkembangan kerajaan Hindu-Buddha dengan
menerapkan cara berpikir kronologis, dan
pengaruhnya pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini serta
mengemukakannya dalam bentuk tulisan.
4.6 Menyajikan hasil
penalaran dalam bentuk tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang
berkembang pada masa kerajaan Hindu-Buddha dan masih berkelanjutan dalam
kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini.
|
Indonesia Zaman
Hindu-Buddha: Silang Budaya Lokal dan Global Tahap Awal
·
Teori -teori
masuk dan berkembangnya Hindu-Buddha
·
Kerajaan-kerajaan
Hindu-Buddha
di Indonesia
·
Bukti-bukti
Kehidupan dan
hasil-hasil kebudayaan pengaruh
Hindu-Buddha yang masih ada pada saat ini
|
Mengamati:
·
membaca buku teks dan melihat gambar-gambar tentang Indonesia pada zaman Hindu-Buddha.
Menanya:
·
Menanya
melalui kegiatan diskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang kehidupan masyarakat Indonesia pada zaman Hindu-Buddha.
Mengeksplorasikan:
·
mengumpulkan informasi terkait dengan pertanyaan
tentang Indonesia pada zaman Hindu-Buddha melalui bacaan, internet,
pengamatan terhadap sumber-sumber
sejarah yang ada di museum dan
atau peninggalan-peninggalan yang ada
di lingkungan terdekat
Mengasosiasikan:
·
menganalisis informasi dan data-data yang didapat baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber
terkait untuk mendapatkan kesimpulan
tentang Indonesia pada zaman
Hindu-Buddha.
Mengomunikasikan:
·
hasil analisis kemudian dilaporkan dalam bentuk
tertulis tentang Indonesia pada zaman
Hindu-Buddha.
|
Tugas : membuat
laporan dalam bentuk tulisan mengenai nilai-nilai dan unsur-unsur budaya yang
berkembang pada zaman Hindu-Buddha
yang masih berkelanjutan dalam kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam
mengumpulkan, menganalisis data dan
membuat laporan tentang
kehidupan masyarakat di Indonesia pada zaman Hindu-Buddha
Portofolio:
menilai laporan-laporan dan karya
peserta didik berkaitan dengan materi kehidupan masyarakat di Indonesia pada
zaman Hindu-Buddha
Tes
tertulis/lisan:
menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis tentang kehidupan masyarakat Indonesia pada zaman Hindu-Buddha.
|
12 mg x 2 jp
|
·
Buku Sejarah Indonesia kelas X.
·
Buku-buku lainya
·
Internet ( jika
tersedia)
·
Gambar hasil-hasil peninggalan zaman Hindu-Buddha
·
Peta letak
kerajaan-kerajaan Hindu Buddha di Indonesia
|
3.7 Menganalisis
berbagai teori tentang proses masuk
dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di Indonesia.
3.8 Menganalisis karakteristik kehidupan masyarakat, pemerintahan dan
kebudayaan pada masa kerajaan-kerajaan
Islam di Indonesia dan menunjukan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada
kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
4.7 Mengolah
informasi mengenai proses masuk dan
perkembangan kerajaan Islam dengan menerapkan cara berpikir kronologis,
dan pengaruhnya pada kehidupan
masyarakat Indonesia masa kini serta mengemukakannya dalam bentuk tulisan.
4.8 Menyajikan hasil
penalaran dalam bentuk tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang
berkembang pada masa kerajaan Islam
dan masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini
|
Zaman Perkembangan Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia
·
Teori-teori
masuk dan berkembangnya Islam
·
Kerajaan-kerajaan
Islam
di Indonesia
·
Bukti-bukti
Kehidupan dan
hasil-hasil budaya pengaruh Islam yang masih
ada pada saat ini
|
Mengamati:
·
membaca buku teks dan melihat gambar-gambar peninggalan zaman
perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
Menanya:
·
menanya
melalui kegiatan diskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang zaman
perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
Mengeksplorasikan:
·
mengumpulkan informasi
terkait dengan pertanyaan dan materi
tentang zaman perkembangan
kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia melalui bacaan, internet, pengamatan
terhadap sumber-sumber sejarah yang ada di
museum dan atau peninggalan-peninggalan yang ada di
lingkungan terdekat.
Mengasosiasikan:
·
menganalisis
informasi dan data-data yang didapat
baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait untuk
mendapatkan kesimpulan tentang zaman perkembangan kerajaan-kerajaan Islam
di Indonesia.
Mengomunikasikan:
·
hasil analisis yang telah dilakukan kemudian dilaporkan
dalam bentuk tulisan tentang zaman perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di
Indonesia.
|
Tugas : membuat
laporan dalam bentuk tulisan mengenai perkembangan
kerajaan-kerajaan Islam dan
hasil-hasil kebudayaannya di Indonesia
Observasi: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan tentang perkembangan
kerajaan-kerajaan Islam dan
hasil-hasil kebudayaannya di Indonesia
Portofolio: menilai laporan-laporan dan
karya peserta didik berkaitan dengann materi perkembangan kerajaan-kerajaan Islam
di Indonesia.
Tes tertulis/lisan: menilai
kemampuan peserta didik dalam menganalisis konsep tentang perkembangan
kerajaan-kerajaan Islam dan
hasil-hasil kebudayaannya di Indonesia
|
12 mg x 2 jp
|
·
Buku Paket Sejarah Indonesia kelas X.
·
Buku-buku lainya
·
Internet ( jika
tersedia)
·
Gambar hasil-hasil peninggalan zaman Islam
·
Peta letak
kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
|
Satuan
Pendidikan : SMA/MA
Mata Pelajaran : Sejarah
Indonesia
Kelas : XI
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI
2 : Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,toleran,
damai), santun,
responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan
diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3 : Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif
berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan
wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk
memecahkan
masalah.
KI
4 : Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari
yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan
metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menghayati nilai-nilai
persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju
kemerdekaan bangsa sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa terhadap bangsa dan negara Indonesia.
|
|
|
|
|
|
2.1
Mengembangkan
nilai dan perilaku mempertahankan harga diri bangsa dengan bercermin pada
kegigihan para pejuang dalam melawan penjajah.
2.2
Meneladani perilaku
kerjasama, tanggung jawab, cinta damai
para pejuang dalam mewujudkan cita-cita mendirikan negara dan bangsa
Indonesia dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
2.3
Meneladani
perilaku kerjasama, tanggung jawab,
cinta damai para pejuang untuk meraih
kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
2.4
Meneladani
perilaku kerjasama, tanggung jawab,
cinta damai para pejuang untuk
mempertahankan kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
2.5
Berlaku jujur
dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
|
|
|
|
|
|
3.1 Menganalisis
perubahan, dan keberlanjutan
dalam peristiwa sejarah pada masa penjajahan asing hingga proklamasi
kemerdekaan Indonesia.
3.2 Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan
bangsa Barat ( Portugis, Belanda dan Inggris ) di Indonesia.
3.3 Menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia
terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.
4.1
Mengolah
informasi tentang peristiwa sejarah pada masa penjajahan Bangsa Barat
berdasarkan konsep perubahan dan keberlanjutan, dan menyajikannya dalam bentuk cerita
sejarah.
4.2 Mengolah informasi tentang proses masuk dan perkembangan
penjajahan Bangsa Barat di Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
4.3 Mengolah informasi tentang strategi perlawanan bangsa
Indonesia terhadap penjajahan Bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah
abad ke-20 dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
|
Perkembangan Kolonialisme dan Imperialisme Barat
·
Perubahan, dan
keberlanjutan dalam peristiwa sejarah
pada masa penjajahan asing hingga proklamasi kemerdekaan Indonesia
·
Proses masuk
dan perkembangan penjajahan Bangsa Barat
di Indonesia
·
Strategi
perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan Bangsa Barat di Indonesia
sebelum dan sesudah abad ke-20.
|
Mengamati :
·
membaca buku
teks tentang pertumbuhan dan
perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat dan strategi perlawanan bangsa
Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah
abad ke-20.
Menanya:
·
menanya melalui kegiatan diskusi untuk mendapatkan
klarifikasi tentang pertumbuhan dan
perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat serta strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap
penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.
Mengeksplorasikan:
·
mengumpulkan informasi
terkait
dengan
pertanyaan mengenai pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan
imperialisme Barat serta strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap
penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20, melalui
bacaan, internet dan sumber-sumber
lain.
Mengasosiasikan:
·
menganalisis informasi
yang didapat dari sumber
tertulis dan atau internet serta sumber lainya untuk
mendapatkan kesimpulan tentang
pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat serta strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap
penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.
Mengomunikasikan:
·
hasil analisis
yang telah dilakukan selanjutnya dibuat laporan dalam bentuk tulisan tentang
pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat serta strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap
penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.
|
Tugas : membuat
cerita sejarah berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan
imperialisme Barat serta
strategi
perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia
sebelum dan sesudah abad ke-20.
Observasi :
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data,
analisis data, dan pembuatan laporan tentang pertumbuhan dan
perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat serta strategi
perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia
sebelum dan sesudah abad ke-20.
Portofolio:
menilai laporan-laporan dan
karya peserta didik berkaitan dengan
materi pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan
imperialisme Barat serta
strategi
perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia
sebelum dan sesudah abad ke-20.
Tes tertulis: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis tentang
pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat serta strategi
perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia
sebelum dan sesudah abad ke-20
|
12 mg x 2 jp
|
·
Buku Paket
Sejarah Indonesia kelas XI.
·
Buku-buku lainnya
·
Internet ( jika tersedia)
·
Gambar
aktifitas imperialisme dan kolonialisme Barat di Indonesia.
·
Gambar-gambar
bentuk perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat.
·
Peta lokasi
perlawanan bangsa Indonesia terhadap bangsa Barat.
|
3.4 Menganalisis
persamaan dan perbedaan pendekatan dan
strategi pergerakan nasional di Indonesia pada masa awal kebangkitan
nasional, Sumpah Pemuda dan sesudahnya
sampai dengan Proklamasi Kemerdekaan.
3.5 Menganalisis peran tokoh-tokoh Nasional dan Daerah
dalam perjuangan menegakkan negara Republik Indonesia.
3.6 Menganalisis
dampak politik, budaya, sosial-ekonomi
dan pendidikan pada masa penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia
masa kini.
4.4
Mengolah
informasi tentang persamaan dan perbedaan
pendekatan dan strategi pergerakan nasional di Indonesia pada masa
awal kebangkitan nasional, pada masa Sumpah Pemuda, masa
sesudahnya sampai dengan Proklamasi Kemerdekaan dan menyajikannya
dalam bentuk cerita sejarah.
4.5
Menulis sejarah
tentang satu tokoh nasional dan tokoh
dari daerahnya yang berjuang melawan penjajahan kolonial Barat
4.6
Menalar
dampak politik, budaya, sosial-ekonomi
dan pendidikan pada masa penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia
masa kini dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
|
Pergerakan Nasional Indonesia
·
Strategi pergerakan
nasional di Indonesia pada masa awal kebangkitan nasional, Sumpah Pemuda, dan sesudahnya sampai
dengan Proklamasi Kemerdekaan.
·
Tokoh-Tokoh
Nasional dan Daerah dalam Perjuangan Menegakkan Negara Republik Indonesia
·
Dampak politik, budaya, sosial-ekonomi dan
pendidikan pada masa penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa
kini
|
Mengamati:
·
membaca buku
teks tentang strategi pergerakan,
tokoh-tokoh pergerakan nasional
dan dampak penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa
kini.
Menanya:
·
menanya melalui kegiatan diskusi untuk mendapatkan
klarifikasi tentang strategi pergerakan,
tokoh-tokoh pergerakan nasional
dan dampak penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa
kini.
Mengeksplorasikan:
·
mengumpulkan informasi
terkait dengan strategi
pergerakan, tokoh-tokoh
pergerakan nasional dan dampak
penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini melalui bacaan,
internet dan sumber-sumber lain yang terkait.
Mengasosiasikan:
·
menganalisis informasi dan data-data yang didapat baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait
untuk mendapatkan kesimpulan
tentang strategi pergerakan,
tokoh-tokoh pergerakan nasional
dan dampak penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa
kini.
Mengomunikasikan
·
melaporkan hasil analisis dan
kesimpulan yang terkait dengan
strategi pergerakan, tokoh-tokoh pergerakan nasional dan dampak penjajahan Barat dalam kehidupan
bangsa Indonesia masa kini, dalam bentuk tulisan.
|
Tugas : membuat
cerita sejarah berkaitan dengan strategi pergerakan, tokoh-tokoh pergerakan
nasional dan dampak penjajahan Barat
dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini.
Observasi : mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan tentang strategi
pergerakan, tokoh-tokoh
pergerakan nasional dan dampak
penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini.
Portofolio
:
menilai laporan-laporan dan karya peserta didik
dalam materi strategi pergerakan, tokoh-tokoh pergerakan nasional dan dampak penjajahan Barat dalam kehidupan
bangsa Indonesia masa kini.
Tes tertulis
: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis tentang strategi
pergerakan, tokoh-tokoh
pergerakan nasional dan dampak
penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini.
|
12 mg x 2 jp
|
·
Buku Paket
Sejarah Indonesia kelas XI.
·
Buku-buku lainya
·
Internet ( jika tersedia)
·
Gambar
aktifitas pergerakan nasional Indonesia
·
Gambar –gambar
tokoh pergerakan nasional Indonesia
|
3.7 Menganalisis
peristiwa proklamasi kemerdekaan
dan maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan
pendidikan bangsa Indonesia.
3.8 Menganalisis
peristiwa pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia dan
maknanya bagi kehidupan kebangsaan Indonesia masa kini.
3.9 Menganalisis peran Bung Karno dan Bung Hatta sebagai
proklamator serta tokoh-tokoh proklamasi lainnya.
4.7 Menalar peristiwa proklamasi kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan sosial, budaya,
ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa Indonesia dan menyajikannya dalam
bentuk cerita sejarah.
4.8 Menalar peristiwa pembentukan pemerintahan pertama
Republik Indonesia dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan Indonesia masa kini
dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
4.9 Menulis sejarah tentang perjuangan Bung Karno dan Bung Hatta serta
tokoh-tokoh proklamasi lainya.
|
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
·
Peristiwa
proklamasi kemerdekaan
·
Pembentukan pemerintahan
pertama Republik Indonesia
·
Tokoh
proklamator Indonesia
|
Mengamati:
·
membaca buku
teks dan melihat gambar-gambar dan atau
objek sejarah terdekat tentang
peristiwa proklamasi kemerdekaan, pembentukan pemerintahan pertama dan tokoh-tokoh proklamator Indonesia.
Menanya :
·
menanya melalui kegiatan diskusi untuk mendapatkan
klarifikasi tentang peristiwa
proklamasi kemerdekaan, pembentukan pemerintahan pertama dan tokoh-tokoh proklamator Indonesia.
Mengeksplorasikan:
·
mengumpulkan informasi
terkait peristiwa proklamasi kemerdekaan, pembentukan pemerintahan pertama dan tokoh-tokoh proklamator Indonesia melalui bacaan
dan atau internet, serta sumber-sumber lainnya.
Mengasosiasikan:
·
menganalisis informasi dan data-data yang didapat dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait
untuk mendapatkan kesimpulan
tentang peristiwa proklamasi
kemerdekaan, pembentukan pemerintahan pertama dan tokoh-tokoh proklamator Indonesia melalui bacaan, internet, serta
sumber-sumber lainnya.
Mengomunikasikan:
·
hasil analisis
kemudian dilaporkan dalam bentuk tulisan yang berisikan tentang peristiwa
proklamasi kemerdekaan, pembentukan pemerintahan dan
tokoh-tokoh proklamator Indonesia.
|
Tugas : membuat
laporan tertulis dalam bentuk cerita sejarah
dan kliping tentang proklamasi
kemerdekaan RI 17 Agustus 1945
Observasi :
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan tentang proklamasi kemerdekaan, pembentukan
pemerintahan pertama Republik Indonesia, serta peran tokoh proklamator dalam
proklamasi.
Portofolio:
menilai laporan-laporan dan karya peserta didik
berkaitan
dengan materi proklamasi kemerdekaan, pembentukan pemerintahan
pertama Republik Indonesia, serta peran tokoh proklamator dalam proklamasi.
Tes tertulis: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis proklamasi
kemerdekaan, pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia, serta peran tokoh proklamator dalam proklamasi.
|
6 mg x 2 jp
|
·
Buku Paket
Sejarah Indonesia kelas XI.
·
Buku-buku lainya.
·
Internet (jika
tersedia)
·
Sumber lain
yang tersedia
·
Gambar-gambar
peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan dan pembentukan pemerintahan pertama
RI
·
Gambar-gambar
tokoh- tokoh yang berperanan penting dalam proklamasi kemerdekaan RI
|
3.10 Menganalisis
perubahan dan perkembangan politik masa awal kemerdekaan
3.11 Menganalisis
perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan
dari ancaman Sekutu dan Belanda.
4.10 Menalar perubahan dan perkembangan politik masa awal
proklamasi dan menyajikanya dalam bentuk cerita sejarah.
4.11 Mengolah informasi tentang perjuangan bangsa Indonesia
dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu, Belanda dan
menyajikanya dalam bentuk cerita sejarah.
|
Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan dari Ancaman Sekutu dan Belanda
· Perubahan dan perkembangan politik masa awal
kemerdekaan
· Perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan
kemerdekaan dari ancaman Sekutu, dan Belanda
|
Mengamati:
·
membaca buku
teks dan melihat gambar-gambar dan atau
objek sejarah terdekat tentang ancaman terhadap kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan
Belanda.
Menanya:
·
menanya melalui kegiatan diskusi untuk mendapatkan
klarifikasi tentang peristiwa ancaman terhadap kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan Belanda.
Mengeksplorasikan:
·
mengumpulkan
informasi terkait dengan ancaman terhadap
kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan Belanda melalui bacaan dan atau internet, serta sumber-sumber
lainnya.
Mengasosiasikan:
·
menganalisis informasi dan data-data yang didapat dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait
untuk mendapatkan kesimpulan
tentang peristiwa ancaman terhadap kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan
Belanda.
Mengomunikasikan:
·
hasil analisis
kemudian dilaporkan dalam bentuk tulisan yang berisi tentang peristiwa ancaman terhadap kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan
Belanda.
|
Tugas : membuat
laporan tertulis dalam bentuk cerita sejarah tentang ancaman terhadap kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan
Belanda.
Observasi : mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan tentang ancaman
terhadap kemerdekaan Indonesia dari
pihak Sekutu dan Belanda.
Portofolio : menilai laporan-laporan dan karya peserta didik dalam materi
ancaman terhadap
kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan Belanda.
Tes Tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis peristiwa ancaman terhadap kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan
Belanda
|
5 mg x 3 jp
|
·
Buku Paket
Sejarah Indonesia kelas XI.
·
Buku-buku lainya.
·
Internet (jika
tersedia)
·
Sumber lain
yang tersedia
|
Satuan
Pendidikan : SMA/MA
Mata Pelajaran :
Sejarah Indonesia
Kelas : XII
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI
2 : Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran,
damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai
permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan
diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif dalam
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan
humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat
dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar,
menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan
mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.2 Mengamalkan
hikmah kemerdekaan sebagai
tanda syukur kepada Tuhan YME, dalam
kegiatan membangun kehidupan berbangsa dan bernegara.
|
|
|
|
|
|
|
2.1
Meneladani
perilaku kerjasama, tanggung jawab,
cinta damai para pejuang dalam
mempertahankan kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari
2.2
Berlaku jujur
dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
2.3
Menunjukan
sikap peduli dan proaktif yang dipelajari dari peristiwa dan para pelaku
sejarah dalam menyelesaikan permasalahan bangsa dan negara Indonesia.
|
|
|
|
|
|
|
3.1 Mengevaluasi
upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa
terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan
3.2 Mengevaluasi peran tokoh Nasional dan Daerah yang
Berjuang Mempertahankan Keutuhan Negara dan bangsa Indonesia pada masa 1948 –
1965
4.1 Merekonstruksi upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi
ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan
pemberontakan (antara lain:PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI,
Permesta, G-30-S/PKI) dan
menyajikannya dalam
bentuk cerita sejarah.
4.2.
Menulis sejarah
tentang tokoh nasional dan daerah yang berjuang mempertahankan
keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1948- 1965.
|
Perjuangan Bangsa Indonesia dalam Mempertahankan Integrasi Bangsa
Indonesia dalam Mempertahankan Integrasi Bangsa dan Negara RI.
· Upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman
disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan
· Tokoh nasional dan daerah yang berjuang mempertahankan
keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1948 -1965
|
Mengamati:
·
membaca buku teks, menyimak penjelasan guru, melihat foto-foto, film
dokumenter, browsing di internet (jika tersedia) dan atau
melihat objek sejarah terdekat yang
terkait dengan perjuangan bangsa Indonesia dalam
mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI.
Menanya:
·
menanya melalui diskusi untuk mendapatkan klarifikasi
tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan integrasi bangsa
dan negara RI.
Mengeksplorasikan:
·
mengumpulkan
informasi yang terkait dengan perjuangan bangsa Indonesa dalam mempertahankan
integrasi bangsa dan negara RI
kemerdekaan melalui bacaan atau pengamatan terhadap sumber sejarah lain yang
terkait.
Mengasosiasikan:
·
mengevaluasi
informasi dan data-data
yang didapat dari bacaan maupun
dari sumber-sumber lain yang terkait untuk mendapatkan kesimpulan tentang
perjuangan bangsa Indonesa
dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI kemerdekaan.
Mengomunikasikan:
·
Melaporkan dalam bentuk tulisan hasil evaluasi dan kesimpulan tentang
perjuangan bangsa Indonesa
dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI kemerdekaan.
|
Tugas :
·
menulis
cerita sejarah berkaitan dengan peristiwa G 30 S PKI, dan
·
menulis perjuangan dan peran salah satu tokoh daerah/nasional, yang berjuang
mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1948- 1965
Observasi: mengamati kegiatan peserta
didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam
mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI.
Portofolio:
Menilai
laporan-laporan dan karya peserta
didik berkaitan dengan materi perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI.
Tes tertulis:
menilai kemampuan peserta
didik dalam mengevaluasi tentang tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam
perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara
RI
|
8 mg x 2 jp
|
·
Buku Paket Sejarah Indonesia kelas XII
·
Buku-buku
lainnya.
·
Internet (jika
tersedia)
·
Gambar-gambar
tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan
·
Film dokumenter
·
Peta Indonesia
|
|
3.3
Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik, sosial dan ekonomi bangsa
Indonesia pada masa Demokrasi Liberal.
3.4 Mengevaluasi
perkembangan kehidupan politik, sosial
dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin.
4.3 Merekonstruksi perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada
masa Demokrasi Liberal dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis.
4.4 Melakukan
penelitian sederhana tentang kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia
pada masa Demokrasi Terpimpin dan menyajikannya dalam bentuk laporan
tertulis.
|
Indonesia pada masa Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin
·
Perkembangan
kehidupan politik, sosial dan ekonomi
bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal.
·
Perkembangan
kehidupan politik, sosial dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi
Terpimpin.
|
Mengamati:
·
membaca buku teks,
menyimak penjelasan guru, melihat
foto-foto, film dokumenter, browsing di internet (jika tersedia) tentang
perubahan dan perkembangan politik,sosial dan ekonomi masa Demokrasi Liberal
dan Demokrasi Terpimpin.
Menanya:
·
menanya melalui diskusi untuk mendapatkan klarifikasi
tentang perubahan dan perkembangan politik, sosial dan ekonomi masa Demokrasi Liberal dan Demokrasi
Terpimpin.
Mengeksplorasikan:
·
mengumpulkan
informasi yang terkait dengan
materi tentang perubahan dan perkembangan politik, sosial dan ekonomi masa Demokrasi Liberal dan Demokrasi
Terpimpin melalui bacaan, pengamatan terhadap sumber sejarah, buku,
foto-foto, film dokumenter, dan internet (jika tersedia).
Mengasosiasikan:
·
mengevaluasi dan menarik
kesimpulan data-data hasil
wawancara, membaca buku, melihat foto-foto, menonton film dokumenter dan
browsing di internet tentang perubahan dan perkembangan politik, sosial dan ekonomi masa Demokrasi Liberal dan
Demokrasi Terpimpin.
Mengomunikasikan:
·
Membuat laporan tertulis hasil rekonstruksi dan
melakukan penelitian sederhana tentang perkembangan kehidupan
politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal dan masa Demokrasi
Terpimpin.
|
Tugas :
·
Membuat laporan tertulis hasil rekonstruksi
tentang perkembangan
kehidupan politik dan ekonomi bangsa
Indonesia pada masa Demokrasi Liberal, dan
·
Melakukan penelitian sederhana tentang kehidupan
politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin.
Observasi, mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio:
Menilai
laporan-laporan dan karya peserta
didik berkaitan dengan materi tentang perubahan dan perkembangan politik, sosial dan ekonomi masa Demokrasi
Liberal dan Demokrasi Terpimpin.
Tes tertulis:
menilai kemampuan peserta
didik dalam mengevaluasi tentang perubahan dan perkembangan politik, sosial
dan ekonomi masa Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin
|
6 mg x 2 jp
|
·
Buku Paket Sejarah Indonesia kelas XII
·
Buku-buku
lainnya.
·
Internet (jika
tersedia)
·
Gambar-gambar tentang
demokrasi Liberal dan Terpimpin
·
Film dokumenter
·
Peta Indonesia
|
|
3.5 Mengevaluasi
kehidupan politik dan ekonomi
bangsa Indonesia pada masa Orde Baru.
3.6 Mengevaluasi
kehidupan politik dan ekonomi
bangsa Indonesia pada masa awal Reformasi.
3.7 Mengevaluasi peran pelajar, mahasiswa dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik
dan ketatanegaraan Indonesia
4.5 Melakukan
penelitian sederhana tentang kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Orde Baru dan
menyajikannya dalam bentuk laporan
tertulis.
4.6 Melakukan
penelitian sederhana tentang kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa awal Reformasi
dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis.
4.7 Menulis sejarah
tentang peran pelajar, mahasiswa dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik
dan ketatanegaraan Indonesia.
|
Kehidupan Bangsa Indonesia di Masa Orde Baru dan Reformasi
·
Kehidupan
politik dan ekonomi bangsa Indonesia
pada masa Orde Baru.
·
Kehidupan
politik dan ekonomi bangsa Indonesia
pada masa awal Reformasi.
·
Peran pelajar,
mahasiswa dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan
Indonesia
|
Mengamati:
·
melalui menyimak penjelasan guru, membaca
buku, melihat foto-foto, film dokumenter, browsing di internet (jika
tersedia) tentang perubahan dan perkembangan politik, sosial dan ekonomi masa Orde Baru dan awal
Reformasi serta peran mahasiswa, pelajar, dan pemuda dalam berbagai peristiwa
yang terjadi pada masa tersebut.
Menanya:
·
menanya melalui kegiatan diskusi untuk mendapatkan klarifikasi
tentang perubahan dan perkembangan politik, sosial dan ekonomi masa Orde Baru dan awal Reformasi serta
peran mahasiswa, pelajar, dan pemuda dalam berbagai peristiwa yang terjadi
pada masa tersebut.
Mengeksplorasikan:
·
mengumpulkan
informasi lanjutan terkait dengan pertanyaan dan materi tentang perubahan dan
perkembangan politik, sosial dan ekonomi
masa Orde Baru serta peran mahasiswa, pelajar, dan pemuda dalam
berbagai peristiwa yang terjadi pada masa tersebut melalui bacaan, pengamatan
terhadap sumber sejarah, buku, foto-foto, film dokumenter, dan internet.
Mengasosiasikan:
·
mengevaluasi data-data hasil wawancara, membaca buku,
melihat foto-foto, menonton film dokumenter dan browsing di internet (jika
tersedia)tentang perubahan dan perkembangan politik, sosial, dan ekonomi masa
Orde Baru dan awal Reformasi serta peran mahasiswa, pelajar, dan pemuda dalam
berbagai peristiwa yang terjadi pada masa tersebut.
Mengomunikasikan:
·
hasil evaluasi dilaporkan dalam bentuk tulisan
yang isinya tentang perubahan dan perkembangan politik, sosial dan
ekonomi masa Orde Baru dan awal
Reformasi serta peran mahasiswa, pelajar, dan pemuda dalam berbagai peristiwa
yang terjadi pada masa tersebut.
|
Tugas :
·
melakukan penelitian sederhana tentang
kehidupan politik dan ekonomi bangsa
Indonesia pada masa Orde Baru dan
Reformasi, dan
·
menulis sejarah
tentang peran pelajar,
mahasiswa dan
tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia pada masa Reformasi.
Observasi: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio:
Menilai
laporan-laporan dan karya peserta
didik berkaitan dengan materi tentang perubahan dan
perkembangan politik, sosial dan ekonomi masa Orde Baru dan awal Reformasi
serta peran mahasiswa, pelajar, dan pemuda dalam berbagai peristiwa yang
terjadi pada masa tersebut.
Tes tertulis:
menilai kemampuan peserta
didik dalam mengevaluasi tentang perubahan dan perkembangan politik, sosial
dan ekonomi masa Orde Baru dan awal Reformasi serta peran mahasiswa, pelajar,
dan pemuda dalam berbagai peristiwa yang terjadi pada masa tersebut
|
8 mg x 2 jp
|
·
Buku Paket Sejarah Indonesia kelas XII
·
Buku-buku
lainnya
·
Internet (jika
tersedia)
·
Gambar-gambar tentang masa Orde Baru dan Reformasi
·
Film dokumenter
·
Peta Indonesia
|
|
3.8 Mengevaluasi
kontribusi bangsa Indonesia
dalam perdamaian dunia diantaranya ; ASEAN, Non Blok dan Misi Garuda.
4.8 Menyajikan hasil
telaah tentang kontribusi bangsa
Indonesia dalam perdamaian dunia diantaranya ; ASEAN, Non Blok, dan Misi Garuda serta menyajikannya
dalam bentuk laporan tertulis.
|
Kontribusi Bangsa Indonesia dalam Perdamaian Dunia.
·
Kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia
diantaranya ; ASEAN, Non Blok dan Misi Garuda.
|
Mengamati :
·
membaca buku teks, menyimak penjelasan guru, melihat foto-foto, film dokumenter, browsing di
internet (jika tersedia) tentang kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian
dunia.
Menanya:
·
menanya melalui kegiatan diskusi untuk mendapatkan klarifikasi
tentang kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia.
Mengeksplorasikan:
·
mengumpulkan
informasi terkait dengan materi
tentang kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia melalui bacaan,
pengamatan terhadap sumber sejarah, buku, foto-foto, film dokumenter, dan
internet.
Mengasosiasikan:
·
mengevaluasi
data-data hasil wawancara, membaca buku, melihat foto-foto, menonton film
dokumenter dan browsing di internet tentang kontribusi bangsa Indonesia dalam
perdamaian dunia.
Mengomunikasikan:
· hasil evaluasi
kemudian disampaikan dalam bentuk tulisan yang berisi tentang
kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia.
|
Tugas:
·
menulis hasil telaah tentang konstribusi
Indonesia didalam perdamaian dunia ( misalnya : ASEAN, Non Blok dan Misi Garuda )
·
membuat kliping tentang non blok
Observasi:
mengamati kegiatan peserta
didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan
Portofolio:
Menilai
laporan-laporan dan karya peserta
didik berkaitan dengan materi tentang kontribusi bangsa
Indonesia dalam perdamaian dunia.
Tes tertulis:
menilai kemampuan peserta didik dalam mengevaluasi kontribusi bangsa Indonesia dalam
perdamaian dunia.
|
6 mg x 2 jp
|
·
Buku Paket Sejarah Indonesia kelas XII
·
Buku-buku
lainnya.
·
Internet (jika
tersedia)
·
Gambar-gambar tentang kontribusi
bangsa
Indonesia dalam perdamaian dunia.
|
|
3.9 Mengevaluasi
perubahan demokrasi Indonesia dari tahun 1950 sampai dengan era
Reformasi
4.9 Membuat studi komparasi tentang ide dan gagasan
perubahan demokrasi Indonesia 1950 sampai dengan era Reformasi dalam bentuk
laporan tertulis.
|
Perubahan Demokrasi Indonesia 1950 sampai dengan Era
Reformasi
·
Perubahan demokrasi
Indonesia 1950 sampai dengan era Reformasi
|
Mengamati:
·
membaca buku teks, menyimak penjelasan guru, melihat foto-foto, film
dokumenter, browsing di internet (jika tersedia) tentang Perubahan demokrasi
Indonesia 1950 sampai dengan era Reformasi.
Menanya:
·
menanya melalui kegiatan diskusi untuk mendapatkan klarifikasi
tentang perubahan demokrasi Indonesia 1950 sampai dengan era Reformasi.
Mengeksplorasikan:
·
mengumpulkan
informasi yang terkait dengan
pertanyaan dan materi tentang perubahan demokrasi Indonesia 1950 sampai
dengan era Reformasi melalui bacaan, pengamatan terhadap sumber sejarah,
buku, foto-foto, film dokumenter, dan internet.
Mengasosiasikan:
·
mengevaluasi data-data hasil wawancara, membaca buku,
melihat foto-foto, menonton film dokumenter dan browsing di internet tentang
perubahan demokrasi Indonesia 1950 sampai dengan era Reformasi.
Mengomunikasikan:
·
hasil
evaluasi dilaporkan dalam bentuk
tulisan tentang perubahan demokrasi Indonesia 1950 sampai dengan era
Reformasi.
|
Tugas:
·
membuat komparasi kehidupan demokrasi antara
masa Demokrasi Liberal, Demokrasi Terpimpin, Demokrasi Pancasila dan
demokrasi dalam era Reformasi.
·
membuat kliping pilkada di era Reformasi
Observasi, mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio:
Menilai
laporan-laporan dan karya peserta
didik berkaitan dengan materi tentang perubahan demokrasi di
Indonesia tahun 1950 sampai era Reformasi
|
6 mg x 2 jp
|
·
Buku Paket Sejarah Indonesia kelas XII
·
Buku-buku
lainnya
·
Internet (jika
tersedia)
·
Gambar-gambar perubahan demokrasi Indonesia 1950 sampai
dengan era Reformasi
·
Film dokumenter
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar