Rabu, 04 Desember 2013

SILABUS SEJARAH SMA KURIKULUM 2013


SILABUS MATA PELAJARAN  SEJARAH INDONESIA  UNTUK SMA/MA
(WAJIB)

Satuan Pendidikan        :  SMA/MA 
Mata Pelajaran               :  Sejarah Indonesia
Kelas                              :  X
Kompetensi Inti              : 

KI  1 :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI  2            :  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,     
            toleran,damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
            permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan
            diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI  3  :  Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan  rasa                
            ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan  
            kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan  
            pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
            memecahkan masalah.
KI  4  :  Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari         
            yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
Materi  Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber Belajar
1.1  Menghayati keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya.
1.2  Menghayati keteladanan para pemimpin dalam toleransi antar umat beragama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari






2.1  Menunjukkan sikap  tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada zaman pra aksara, Hindu-Buddha dan Islam

2.2  Meneladani sikap dan tindakan cinta damai, responsif dan pro aktif yang ditunjukkan oleh tokoh sejarah dalam mengatasi masalah sosial dan lingkungannya

2.3  Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah






3.1  Memahami dan menerapkan konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan waktu  dalam sejarah

4.1  Menyajikan informasi mengenai keterkaitan antara konsep berpikir kronologis    ( diakronik ), sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah

Cara Berfikir Kronologis dan Sinkronik dalam mempelajari Sejarah
·       Cara berfikir kronologis dalam mempelajari sejarah
·       Cara berfikir sinkronik dalam mempelajari sejarah
·       Konsep ruang dan waktu

Mengamati:                            
·    membaca buku teks tentang cara berfikir kronologis, sinkronik, dan konsep waktu  serta  ruang dalam sejarah

Menanya:
·    Menanya untuk mendapatkan pendalaman pengertian tentang cara berfikir kronologis, sinkronik, dan konsep waktu dan ruang dalam  sejarah

Mengeksplorasikan:
·     mengumpulkan informasi terkait dengan pertanyaan mengenai cara berfikir kronologis, sinkronik, konsep ruang dan waktu  dari sumber tertulis, sumber lainnya  dan atau internet.

Mengasosiasikan:                             
·     menganalisis hasil informasi yang didapat dari sumber tertulis dan atau internet untuk mendapatkan  kesimpulan tentang cara berfikir kronologis dan sinkronik serta keterkaitan antara  cara  berfikir kronologis, sinkronik dengan konsep ruang dan waktu  dalam sejarah.

Mengomunikasikan:                 
·     hasil analisis kemudian di laporkan dalam bentuk tulisan tentang cara berfikir kronologis dan sinkronik serta keterkaitan antara cara berfikir kronologis, sinkronik dengan konsep ruang dan waktu dalam  sejarah.

Tugas : membuat laporan dalam bentuk tulisan tentang cara berfikir kronologis, sinkronik, ruang dan waktu  dalam  sejarah.

Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan tentang cara berfikir kronologis, sinkronik, ruang dan waktu  dalam  sejarah.

Portofolio: Menilai laporan-laporan dan karya  peserta didik berkaitan dengan materi
cara berfikir kronologis, sinkronik, ruang dan waktu  dalam  sejarah.

Tes tertulis:      menilai kemampuan peserta didik dalam memahami dan menerapkan cara berfikir kronologis, sinkronik serta keterkaitannya dengan konsep ruang dan waktu dalam sejarah.
3 mg  x  2 jp

·      Buku Sejarah Indonesia kelas X.
·      Buku-buku lainya
·      Internet (jika tersedia)

3.2  Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara

3.3  Menganalisis asal-usul nenek  moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero Melayu dan Melanesoid)

3.4  Menganalisis berdasarkan tipologi hasil budaya Praaksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat.

4.2  Menyajikan hasil penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara dalam bentuk tulisan.

4.3  Menyajikan kesimpulan-kesimpulan dari informasi mengenai asal-usul nenek  moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero Melayu dan Melanesoid) dalam bentuk tulisan.

4.4  Menalar informasi mengenai hasil budaya Praaksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat dan  menyajikannya dalam bentuk tertulis.

Indonesia Zaman Praaksara: awal kehidupan Manusia Indonesia. 
·      Awal kehidupan masyarakat Indonesia
·      Asal-usul nenek Moyang bangsa Indonesia
·      Kebudayaan zaman praaksara

Mengamati:                                
·    membaca buku teks dan melihat  gambar-gambar  tentang aktivitas kehidupan masyarakat zaman praaksara, peta persebaran asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan  peninggalan hasil kebudayaan pada zaman praaksara.

Menanya:                                          
·     Menanya melalui kegiatan diskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang kehidupan masyarakat zaman praaksara, persebaran asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan peninggalan hasil-hasil kebudayaan pada zaman praaksara.

Mengeksplorasikan:               
·    mengumpulkan informasi terkait dengan pertanyaan mengenai masyarakat Indonesia zaman praaksara melalui bacaan,  pengamatan terhadap sumber-sumber  praaksara  yang ada di  museum  atau  peninggalan-peninggalan yang ada di lingkungan terdekat.

Mengasosiasikan:                           
·    menganalisis informasi dan data-data yang didapat baik dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  lain yang terkait untuk mendapatkan  kesimpulan tentang kehidupan masyarakat  Indonesia pada zaman praaksara.

Mengomunikasikan:
·    hasil analisis dan kesimpulan  kemudian disampaikan dalam bentuk laporan tertulis tentang Indonesia pada zaman praaksara.

Tugas : membuat laporan dalam bentuk tulisan mengenai kehidupan zaman praaksara di Indonesia.

Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan, menganalisis data dan membuat laporan tentang kehidupan zaman praaksara di Indonesia

Portofolio : menilai laporan-laporan dan karya peserta didik berkaitan dengan materi       kehidupan zaman praaksara di Indonesia.

Tes tertulis/lisan: menilai kemampuan peserta didik dalam memahami dan menganalisis  tentang Indonesia pada zaman praaksara

8 mg x  2 jp

·      Buku Sejarah Indonesia kelas X.
·      Buku-buku lainya
·      Internet (jika tersedia)
·      Gambar aktifitas kehidupan manusia praaksara
·      Gambar hasil-hasil peninggalan kebudayaan praaksara
·      Peta penyebaran nenek moyang bangsa Indonesia

3.5  Menganalisis berbagai teori tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan  Hindu-Buddha di Indonesia.

3.6  Menganalisis karakteristik  kehidupan masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan pada masa  kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia serta  menunjukan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.

4.5  Mengolah informasi mengenai proses masuk dan perkembangan kerajaan Hindu-Buddha dengan menerapkan cara berpikir kronologis, dan  pengaruhnya pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini serta mengemukakannya dalam bentuk tulisan.

4.6  Menyajikan hasil penalaran dalam bentuk tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa kerajaan Hindu-Buddha dan masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini.

Indonesia Zaman  Hindu-Buddha: Silang Budaya Lokal dan Global  Tahap Awal
·     Teori -teori masuk dan berkembangnya Hindu-Buddha
·     Kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
·     Bukti-bukti Kehidupan dan hasil-hasil kebudayaan pengaruh Hindu-Buddha yang masih ada pada saat ini

Mengamati:       
·    membaca buku teks dan melihat  gambar-gambar tentang  Indonesia pada zaman Hindu-Buddha.

Menanya:   
·    Menanya melalui kegiatan diskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang kehidupan masyarakat Indonesia  pada zaman Hindu-Buddha.

Mengeksplorasikan:
·    mengumpulkan informasi terkait dengan pertanyaan tentang Indonesia pada zaman Hindu-Buddha melalui bacaan, internet, pengamatan terhadap sumber-sumber  sejarah yang ada di  museum dan atau  peninggalan-peninggalan yang ada di lingkungan terdekat

Mengasosiasikan: 
·    menganalisis  informasi dan data-data yang didapat  baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait untuk mendapatkan  kesimpulan tentang   Indonesia pada zaman Hindu-Buddha.

Mengomunikasikan:
·    hasil analisis kemudian dilaporkan dalam bentuk tertulis tentang  Indonesia pada zaman Hindu-Buddha.
Tugas : membuat laporan dalam bentuk tulisan mengenai nilai-nilai dan unsur-unsur budaya yang berkembang pada zaman Hindu-Buddha yang masih berkelanjutan dalam kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.

Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam mengumpulkan,  menganalisis data dan membuat laporan tentang kehidupan masyarakat di Indonesia pada zaman Hindu-Buddha

Portofolio:
menilai laporan-laporan dan karya peserta didik berkaitan dengan materi kehidupan masyarakat di Indonesia pada zaman Hindu-Buddha

Tes tertulis/lisan:
menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis   tentang kehidupan masyarakat Indonesia pada zaman Hindu-Buddha.

12 mg x  2 jp

·      Buku Sejarah Indonesia kelas X.
·      Buku-buku  lainya
·      Internet  ( jika tersedia)
·      Gambar hasil-hasil peninggalan zaman Hindu-Buddha
·      Peta  letak kerajaan-kerajaan Hindu Buddha di Indonesia

3.7  Menganalisis berbagai teori tentang  proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di Indonesia.

3.8  Menganalisis karakteristik  kehidupan masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan pada masa  kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia dan menunjukan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.

4.7  Mengolah informasi mengenai   proses masuk dan perkembangan kerajaan Islam dengan menerapkan cara berpikir kronologis, dan  pengaruhnya pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini serta mengemukakannya dalam bentuk tulisan.

4.8  Menyajikan hasil penalaran dalam bentuk tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa kerajaan  Islam dan masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini

Zaman Perkembangan Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia
·     Teori-teori masuk dan berkembangnya Islam
·     Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
·     Bukti-bukti Kehidupan dan hasil-hasil budaya pengaruh Islam yang masih ada pada saat ini

Mengamati:       
·    membaca buku teks dan melihat  gambar-gambar peninggalan  zaman perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia

Menanya:                 
·    menanya melalui kegiatan diskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang zaman perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.

Mengeksplorasikan:
·    mengumpulkan informasi terkait dengan pertanyaan  dan materi tentang  zaman perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia melalui bacaan, internet, pengamatan terhadap sumber-sumber sejarah yang ada di  museum  dan atau  peninggalan-peninggalan yang ada di lingkungan terdekat.

Mengasosiasikan:   
·    menganalisis  informasi dan data-data yang didapat  baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait untuk mendapatkan  kesimpulan tentang  zaman perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.

Mengomunikasikan:
·    hasil analisis yang telah dilakukan kemudian dilaporkan dalam bentuk tulisan tentang zaman perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.

Tugas : membuat laporan dalam bentuk tulisan mengenai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam dan hasil-hasil kebudayaannya  di Indonesia

Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan tentang perkembangan kerajaan-kerajaan Islam dan hasil-hasil kebudayaannya  di Indonesia

Portofolio: menilai  laporan-laporan dan karya peserta didik berkaitan dengann materi perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.

Tes tertulis/lisan: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis konsep tentang perkembangan kerajaan-kerajaan Islam dan hasil-hasil kebudayaannya  di Indonesia
12 mg x 2 jp

·      Buku Paket Sejarah Indonesia kelas X.
·      Buku-buku lainya
·      Internet  ( jika tersedia)
·      Gambar hasil-hasil peninggalan zaman  Islam
·      Peta  letak kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia



























Satuan Pendidikan        : SMA/MA
Mata Pelajaran               : Sejarah Indonesia
Kelas                              : XI
Kompetensi Inti              : 

KI  1 : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI  2  : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli  (gotong royong, kerjasama,toleran,
            damai), santun, responsif, dan  pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai  
            permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan
            diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI  3  : Memahami, menerapkan, dan menganalisis  pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
            berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
            wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
            menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk  
            memecahkan masalah.
KI  4  : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
            yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan     
            metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
Materi  Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber Belajar
1.1  Menghayati nilai-nilai persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju kemerdekaan bangsa sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa  terhadap bangsa dan negara Indonesia.






2.1  Mengembangkan nilai dan perilaku mempertahankan harga diri bangsa dengan bercermin pada kegigihan para pejuang dalam melawan penjajah.

2.2  Meneladani perilaku  kerjasama, tanggung jawab, cinta damai  para pejuang dalam mewujudkan cita-cita mendirikan negara dan bangsa Indonesia dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.

2.3  Meneladani perilaku  kerjasama, tanggung jawab, cinta damai  para pejuang untuk meraih kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.

2.4  Meneladani perilaku  kerjasama, tanggung jawab, cinta damai   para pejuang untuk mempertahankan kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.

2.5  Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah








3.1  Menganalisis  perubahan, dan keberlanjutan  dalam peristiwa sejarah pada masa penjajahan asing hingga proklamasi kemerdekaan Indonesia.

3.2  Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Barat ( Portugis, Belanda dan Inggris ) di Indonesia.

3.3  Menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.

4.1  Mengolah informasi tentang peristiwa sejarah pada masa penjajahan Bangsa Barat berdasarkan konsep perubahan dan keberlanjutan,  dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.

4.2  Mengolah informasi tentang proses masuk dan perkembangan penjajahan Bangsa Barat di Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk  cerita sejarah.

4.3  Mengolah informasi tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan Bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20 dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
Perkembangan Kolonialisme dan Imperialisme Barat
·    Perubahan, dan keberlanjutan  dalam peristiwa sejarah pada masa penjajahan asing hingga proklamasi kemerdekaan Indonesia
·    Proses masuk dan perkembangan penjajahan Bangsa Barat  di Indonesia
·    Strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan Bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.

Mengamati :
·    membaca buku teks tentang  pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat dan strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.

Menanya:                  
·    menanya melalui kegiatan diskusi  untuk mendapatkan klarifikasi tentang pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat serta strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.

Mengeksplorasikan: 
·    mengumpulkan informasi terkait
dengan pertanyaan mengenai pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat serta strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20, melalui bacaan, internet  dan sumber-sumber lain.

Mengasosiasikan:  
·     menganalisis  informasi   yang didapat  dari sumber tertulis  dan atau  internet serta sumber lainya untuk mendapatkan  kesimpulan tentang pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat serta strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.

Mengomunikasikan:  
·     hasil analisis yang telah dilakukan selanjutnya dibuat laporan dalam bentuk tulisan tentang pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat serta strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.

Tugas : membuat cerita sejarah berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat serta  strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.

Observasi :  mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan tentang  pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat serta  strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.

Portofolio:        
menilai laporan-laporan dan karya  peserta didik berkaitan dengan materi pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat serta  strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.

Tes tertulis:       menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis  tentang  pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat serta  strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20
12 mg x 2 jp

·     Buku Paket Sejarah Indonesia kelas XI.
·     Buku-buku  lainnya
·     Internet  ( jika tersedia)
·     Gambar aktifitas imperialisme dan kolonialisme Barat di Indonesia.
·     Gambar-gambar bentuk perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat.
·     Peta lokasi perlawanan bangsa Indonesia terhadap bangsa Barat.
3.4  Menganalisis persamaan dan perbedaan  pendekatan dan strategi pergerakan nasional di Indonesia pada masa awal kebangkitan nasional,  Sumpah Pemuda dan sesudahnya sampai dengan  Proklamasi Kemerdekaan.

3.5  Menganalisis peran tokoh-tokoh Nasional dan Daerah dalam perjuangan menegakkan negara Republik Indonesia.

3.6  Menganalisis dampak  politik, budaya, sosial-ekonomi dan pendidikan pada masa penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini.

4.4  Mengolah informasi tentang persamaan dan perbedaan  pendekatan dan strategi pergerakan nasional di Indonesia pada masa awal kebangkitan nasional, pada masa Sumpah Pemuda,  masa  sesudahnya sampai dengan Proklamasi Kemerdekaan dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.

4.5  Menulis sejarah tentang  satu tokoh nasional dan tokoh dari daerahnya yang berjuang melawan penjajahan kolonial Barat

4.6  Menalar dampak  politik, budaya, sosial-ekonomi dan pendidikan pada masa penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.

Pergerakan Nasional Indonesia
·      Strategi pergerakan nasional di Indonesia pada masa awal kebangkitan nasional, Sumpah Pemuda, dan sesudahnya sampai dengan Proklamasi Kemerdekaan.
·      Tokoh-Tokoh Nasional dan Daerah dalam Perjuangan Menegakkan Negara Republik Indonesia
·      Dampak  politik, budaya, sosial-ekonomi dan pendidikan pada masa penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini

Mengamati:          
·    membaca buku teks tentang  strategi  pergerakan,  tokoh-tokoh pergerakan nasional  dan dampak penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini.

Menanya:                 
·     menanya melalui kegiatan diskusi  untuk mendapatkan klarifikasi tentang  strategi  pergerakan,  tokoh-tokoh pergerakan nasional  dan dampak penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini.

Mengeksplorasikan:
·     mengumpulkan informasi terkait dengan strategi  pergerakan,  tokoh-tokoh pergerakan nasional  dan dampak penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini melalui bacaan, internet dan sumber-sumber lain yang terkait.

Mengasosiasikan:  
·    menganalisis  informasi dan data-data yang didapat  baik dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait  untuk mendapatkan  kesimpulan tentang   strategi  pergerakan,  tokoh-tokoh pergerakan nasional  dan dampak penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini.

Mengomunikasikan
·    melaporkan hasil analisis dan kesimpulan yang terkait dengan strategi  pergerakan,  tokoh-tokoh pergerakan nasional  dan dampak penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini, dalam bentuk tulisan.


Tugas : membuat cerita sejarah  berkaitan dengan strategi pergerakan,  tokoh-tokoh pergerakan nasional  dan dampak penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini.

Observasi :  mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan tentang strategi  pergerakan,  tokoh-tokoh pergerakan nasional  dan dampak penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini.

Portofolio : menilai laporan-laporan dan karya peserta didik
dalam materi strategi  pergerakan,  tokoh-tokoh pergerakan nasional  dan dampak penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini.

Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis tentang  strategi  pergerakan,  tokoh-tokoh pergerakan nasional  dan dampak penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini.

12 mg x 2 jp

·     Buku Paket Sejarah Indonesia kelas XI.
·     Buku-buku  lainya
·     Internet  ( jika tersedia)
·     Gambar aktifitas pergerakan nasional Indonesia
·     Gambar –gambar tokoh pergerakan nasional Indonesia

3.7  Menganalisis  peristiwa proklamasi kemerdekaan  dan maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa Indonesia.

3.8  Menganalisis  peristiwa pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan Indonesia masa kini.

3.9  Menganalisis peran Bung Karno dan Bung Hatta sebagai proklamator serta tokoh-tokoh proklamasi lainnya.

4.7  Menalar peristiwa proklamasi kemerdekaan  dan maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.

4.8  Menalar peristiwa pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan Indonesia masa kini dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.

4.9  Menulis sejarah tentang perjuangan  Bung Karno dan Bung Hatta serta tokoh-tokoh proklamasi lainya.

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
·     Peristiwa proklamasi kemerdekaan
·     Pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia
·     Tokoh proklamator Indonesia

Mengamati:
·    membaca buku teks dan melihat  gambar-gambar dan atau objek sejarah terdekat tentang peristiwa proklamasi kemerdekaan, pembentukan pemerintahan pertama dan tokoh-tokoh proklamator Indonesia.

Menanya :      
·     menanya melalui kegiatan diskusi  untuk mendapatkan klarifikasi tentang  peristiwa proklamasi kemerdekaan, pembentukan pemerintahan pertama dan tokoh-tokoh proklamator Indonesia.

Mengeksplorasikan:
·     mengumpulkan informasi terkait peristiwa proklamasi kemerdekaan, pembentukan pemerintahan pertama dan tokoh-tokoh proklamator Indonesia melalui bacaan dan atau internet, serta sumber-sumber lainnya.

Mengasosiasikan:  
·      menganalisis  informasi dan data-data yang didapat  dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait  untuk mendapatkan  kesimpulan tentang   peristiwa proklamasi kemerdekaan, pembentukan pemerintahan pertama dan tokoh-tokoh proklamator Indonesia melalui bacaan, internet, serta sumber-sumber lainnya.

Mengomunikasikan:
·      hasil analisis kemudian dilaporkan dalam bentuk tulisan yang berisikan tentang peristiwa proklamasi kemerdekaan, pembentukan pemerintahan  dan tokoh-tokoh proklamator Indonesia.

Tugas : membuat laporan tertulis dalam bentuk cerita sejarah  dan kliping  tentang proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945

Observasi :
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan tentang proklamasi kemerdekaan, pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia, serta peran tokoh proklamator dalam proklamasi.

Portofolio:
menilai laporan-laporan dan karya peserta didik
berkaitan dengan materi proklamasi kemerdekaan, pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia, serta peran tokoh proklamator dalam proklamasi.

Tes tertulis: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis  proklamasi kemerdekaan, pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia, serta peran tokoh proklamator dalam proklamasi.

6 mg x 2 jp

·     Buku Paket Sejarah Indonesia kelas XI.
·     Buku-buku  lainya.
·     Internet (jika tersedia)
·     Sumber lain yang tersedia
·     Gambar-gambar peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan dan pembentukan pemerintahan pertama RI
·     Gambar-gambar tokoh- tokoh yang berperanan penting dalam proklamasi kemerdekaan RI

3.10 Menganalisis  perubahan dan perkembangan politik masa awal kemerdekaan

3.11 Menganalisis  perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda.

4.10 Menalar perubahan dan perkembangan politik masa awal proklamasi dan menyajikanya dalam bentuk cerita sejarah.

4.11 Mengolah informasi tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu, Belanda dan menyajikanya dalam bentuk cerita sejarah.


Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan dari Ancaman Sekutu dan Belanda
·     Perubahan dan perkembangan politik masa awal kemerdekaan
·     Perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu, dan Belanda
Mengamati:         
·      membaca buku teks dan melihat  gambar-gambar dan atau objek sejarah terdekat  tentang ancaman terhadap  kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan Belanda.

Menanya:
·      menanya melalui kegiatan diskusi  untuk mendapatkan klarifikasi tentang peristiwa ancaman terhadap kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan Belanda.

Mengeksplorasikan:
·     mengumpulkan informasi terkait dengan ancaman terhadap  kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan Belanda melalui bacaan dan atau internet, serta sumber-sumber lainnya.

 Mengasosiasikan: 
·    menganalisis  informasi dan data-data yang didapat  dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait  untuk mendapatkan  kesimpulan tentang   peristiwa  ancaman terhadap  kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan Belanda.

Mengomunikasikan:
·     hasil analisis kemudian dilaporkan dalam bentuk tulisan yang berisi tentang   peristiwa ancaman terhadap  kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan Belanda.

Tugas : membuat laporan tertulis dalam bentuk cerita sejarah tentang  ancaman terhadap  kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan Belanda.

Observasi :  mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan tentang  ancaman terhadap  kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan Belanda.

Portofolio : menilai laporan-laporan  dan karya  peserta didik dalam materi ancaman terhadap  kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan Belanda.

Tes Tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis peristiwa ancaman   terhadap  kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan Belanda
5 mg x 3 jp
·     Buku Paket Sejarah Indonesia kelas XI.
·     Buku-buku  lainya.
·     Internet (jika tersedia)
·     Sumber lain yang tersedia
























Satuan Pendidikan        : SMA/MA
Mata Pelajaran               : Sejarah Indonesia
Kelas                              :  XII
Kompetensi Inti              : 

KI  1  : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI  2  : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
            damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
            permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan
            diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3   : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi  pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
            metakognitif dalam berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
            humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
            dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
            dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4   : Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
            pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan   
            mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


Kompetensi Dasar
Materi  Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber Belajar

1.2  Mengamalkan  hikmah kemerdekaan  sebagai tanda  syukur kepada Tuhan YME, dalam kegiatan membangun kehidupan berbangsa dan bernegara.







2.1     Meneladani perilaku  kerjasama, tanggung jawab, cinta damai  para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari

2.2     Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah

2.3     Menunjukan sikap peduli dan proaktif yang dipelajari dari peristiwa dan para pelaku sejarah dalam menyelesaikan permasalahan bangsa dan negara  Indonesia.







3.1  Mengevaluasi  upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan

3.2  Mengevaluasi peran tokoh Nasional dan Daerah yang Berjuang Mempertahankan Keutuhan Negara dan bangsa Indonesia pada masa 1948 – 1965

4.1  Merekonstruksi  upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan (antara lain:PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI) dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.

4.2.       Menulis sejarah  tentang tokoh nasional dan daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1948- 1965.
Perjuangan Bangsa Indonesia dalam Mempertahankan Integrasi Bangsa Indonesia dalam Mempertahankan Integrasi Bangsa dan Negara RI.
·     Upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan
·     Tokoh nasional dan daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1948 -1965
Mengamati:         
·    membaca buku teks, menyimak penjelasan guru, melihat foto-foto, film dokumenter, browsing di internet (jika tersedia) dan atau melihat objek sejarah terdekat  yang terkait dengan  perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI.

Menanya:     
·    menanya melalui diskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI.

Mengeksplorasikan:
·      mengumpulkan informasi yang terkait dengan perjuangan bangsa Indonesa dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI  kemerdekaan melalui bacaan atau pengamatan terhadap sumber sejarah lain yang terkait.

Mengasosiasikan:
·    mengevaluasi
informasi dan data-data yang didapat  dari bacaan maupun dari  sumber-sumber lain yang  terkait  untuk mendapatkan kesimpulan tentang
perjuangan bangsa Indonesa dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI  kemerdekaan.

Mengomunikasikan:
·    Melaporkan dalam bentuk tulisan hasil evaluasi dan kesimpulan tentang  
perjuangan bangsa Indonesa dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI  kemerdekaan.

Tugas :
·          menulis cerita sejarah berkaitan dengan peristiwa G 30 S PKI, dan
·         menulis perjuangan dan  peran  salah satu tokoh daerah/nasional, yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1948- 1965

Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI.

Portofolio:
Menilai laporan-laporan dan karya  peserta didik berkaitan dengan materi  perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI.

Tes tertulis:
menilai kemampuan peserta didik dalam mengevaluasi  tentang  tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI 



8 mg x 2 jp

·     Buku  Paket Sejarah Indonesia kelas XII
·     Buku-buku lainnya.
·     Internet (jika tersedia)
·     Gambar-gambar tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan
·     Film  dokumenter
·     Peta  Indonesia


3.3  Mengevaluasi  perkembangan kehidupan  politik, sosial dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal.

3.4  Mengevaluasi  perkembangan kehidupan politik, sosial  dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin.

4.3  Merekonstruksi   perkembangan kehidupan  politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis.

4.4  Melakukan penelitian sederhana tentang kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis.

Indonesia pada masa Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin
·      Perkembangan kehidupan  politik, sosial dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal.
·      Perkembangan kehidupan politik, sosial dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin.

Mengamati:
·    membaca buku teks, menyimak penjelasan guru, melihat foto-foto, film dokumenter, browsing di internet (jika tersedia) tentang perubahan dan perkembangan politik,sosial dan ekonomi masa Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin. 

Menanya:
·    menanya melalui diskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang perubahan dan perkembangan politik, sosial dan ekonomi  masa Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin.

 Mengeksplorasikan:
·    mengumpulkan informasi yang terkait dengan materi tentang perubahan dan perkembangan politik, sosial dan ekonomi  masa Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin melalui bacaan, pengamatan terhadap sumber sejarah, buku, foto-foto, film dokumenter, dan internet (jika tersedia).

Mengasosiasikan:
·    mengevaluasi dan menarik kesimpulan   data-data hasil wawancara, membaca buku, melihat foto-foto, menonton film dokumenter dan browsing di internet tentang perubahan dan perkembangan politik, sosial  dan ekonomi masa Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin.

Mengomunikasikan:
·      Membuat laporan tertulis hasil rekonstruksi dan melakukan penelitian sederhana tentang perkembangan kehidupan  politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal dan masa Demokrasi Terpimpin.

Tugas :
·         Membuat laporan tertulis hasil rekonstruksi tentang perkembangan kehidupan  politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal, dan
·         Melakukan penelitian sederhana tentang kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin.

Observasi, mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio:
Menilai laporan-laporan  dan karya peserta didik berkaitan dengan materi  tentang perubahan dan perkembangan politik, sosial dan ekonomi masa Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin.

Tes tertulis:
menilai kemampuan peserta didik dalam mengevaluasi  tentang  perubahan dan perkembangan politik, sosial dan ekonomi masa Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin

6 mg x 2 jp

·     Buku  Paket Sejarah Indonesia kelas XII
·     Buku-buku lainnya.
·     Internet (jika tersedia)
·     Gambar-gambar  tentang  demokrasi Liberal dan Terpimpin
·     Film dokumenter
·     Peta  Indonesia


3.5  Mengevaluasi  kehidupan politik dan ekonomi  bangsa Indonesia pada masa Orde Baru.

3.6  Mengevaluasi  kehidupan politik dan ekonomi  bangsa Indonesia pada masa awal Reformasi.

3.7  Mengevaluasi peran pelajar, mahasiswa dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia

4.5  Melakukan penelitian sederhana tentang kehidupan politik dan ekonomi  bangsa Indonesia pada masa Orde Baru dan menyajikannya dalam bentuk laporan  tertulis.

4.6  Melakukan penelitian sederhana tentang kehidupan politik dan ekonomi  bangsa Indonesia pada masa awal Reformasi dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis.

4.7   Menulis sejarah tentang peran pelajar, mahasiswa dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia.


Kehidupan Bangsa Indonesia di Masa Orde Baru dan Reformasi
·    Kehidupan politik dan ekonomi  bangsa Indonesia pada masa Orde Baru.
·    Kehidupan politik dan ekonomi  bangsa Indonesia pada masa awal Reformasi.
·    Peran pelajar, mahasiswa dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia

Mengamati:
·    melalui menyimak penjelasan guru, membaca buku, melihat foto-foto, film dokumenter, browsing di internet (jika tersedia) tentang perubahan dan perkembangan politik, sosial  dan ekonomi masa Orde Baru dan awal Reformasi serta peran mahasiswa, pelajar, dan pemuda dalam berbagai peristiwa yang terjadi pada masa tersebut.

Menanya:
·    menanya melalui kegiatan diskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang perubahan dan perkembangan politik, sosial dan ekonomi  masa Orde Baru dan awal Reformasi serta peran mahasiswa, pelajar, dan pemuda dalam berbagai peristiwa yang terjadi pada masa tersebut.

Mengeksplorasikan:
·    mengumpulkan informasi lanjutan terkait dengan pertanyaan dan materi tentang perubahan dan perkembangan politik, sosial dan ekonomi  masa Orde Baru serta peran mahasiswa, pelajar, dan pemuda dalam berbagai peristiwa yang terjadi pada masa tersebut melalui bacaan, pengamatan terhadap sumber sejarah, buku, foto-foto, film dokumenter, dan internet.

Mengasosiasikan:
·    mengevaluasi  data-data hasil wawancara, membaca buku, melihat foto-foto, menonton film dokumenter dan browsing di internet (jika tersedia)tentang perubahan dan perkembangan politik, sosial, dan ekonomi masa Orde Baru dan awal Reformasi serta peran mahasiswa, pelajar, dan pemuda dalam berbagai peristiwa yang terjadi pada masa tersebut.

Mengomunikasikan:
·    hasil  evaluasi dilaporkan dalam bentuk tulisan yang isinya tentang perubahan dan perkembangan politik, sosial dan ekonomi  masa Orde Baru dan awal Reformasi serta peran mahasiswa, pelajar, dan pemuda dalam berbagai peristiwa yang terjadi pada masa tersebut.

Tugas :
·         melakukan penelitian sederhana tentang kehidupan politik dan ekonomi  bangsa Indonesia pada masa Orde Baru dan Reformasi, dan
·         menulis sejarah tentang peran pelajar, mahasiswa dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia pada masa Reformasi.

Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio:
Menilai laporan-laporan dan karya  peserta didik berkaitan dengan materi  tentang perubahan dan perkembangan politik, sosial dan ekonomi masa Orde Baru dan awal Reformasi serta peran mahasiswa, pelajar, dan pemuda dalam berbagai peristiwa yang terjadi pada masa tersebut.

Tes tertulis:
menilai kemampuan peserta didik dalam mengevaluasi   tentang  perubahan dan perkembangan politik, sosial dan ekonomi masa Orde Baru dan awal Reformasi serta peran mahasiswa, pelajar, dan pemuda dalam berbagai peristiwa yang terjadi pada masa tersebut

8 mg x 2 jp

·    Buku  Paket Sejarah Indonesia kelas XII
·    Buku-buku lainnya
·    Internet (jika tersedia)
·    Gambar-gambar  tentang masa Orde Baru dan Reformasi
·    Film dokumenter
·    Peta Indonesia

3.8  Mengevaluasi  kontribusi  bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia diantaranya ; ASEAN, Non Blok dan Misi Garuda.

4.8  Menyajikan hasil telaah tentang kontribusi  bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia diantaranya ; ASEAN, Non  Blok, dan Misi Garuda serta menyajikannya dalam bentuk laporan  tertulis.

Kontribusi Bangsa Indonesia dalam  Perdamaian Dunia.
·     Kontribusi  bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia diantaranya ; ASEAN, Non Blok dan Misi Garuda.

Mengamati :
·     membaca buku teks, menyimak penjelasan guru, melihat foto-foto, film dokumenter, browsing di internet (jika tersedia) tentang kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia.

Menanya:
·    menanya melalui kegiatan diskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia.

Mengeksplorasikan:
·    mengumpulkan informasi terkait dengan materi tentang kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia melalui bacaan, pengamatan terhadap sumber sejarah, buku, foto-foto, film dokumenter, dan internet.

Mengasosiasikan:
·    mengevaluasi data-data hasil wawancara, membaca buku, melihat foto-foto, menonton film dokumenter dan browsing di internet tentang kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia.

Mengomunikasikan:
·    hasil evaluasi  kemudian disampaikan dalam bentuk tulisan yang berisi tentang kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia.

Tugas:
·         menulis hasil telaah tentang konstribusi Indonesia didalam perdamaian dunia ( misalnya : ASEAN, Non Blok dan Misi Garuda )
·         membuat kliping tentang non blok

Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan

Portofolio:
Menilai laporan-laporan dan karya  peserta didik berkaitan dengan materi  tentang kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia.

Tes tertulis:
menilai kemampuan peserta didik dalam mengevaluasi   kontribusi bangsa Indonesia dalam
perdamaian dunia.

6 mg x 2 jp

·        Buku  Paket Sejarah Indonesia kelas XII
·        Buku-buku lainnya.
·        Internet (jika tersedia)
·        Gambar-gambar  tentang kontribusi
bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia.

3.9  Mengevaluasi  perubahan demokrasi Indonesia dari tahun 1950 sampai dengan era Reformasi.

4.9  Membuat  studi komparasi tentang ide dan gagasan perubahan demokrasi Indonesia 1950 sampai dengan era Reformasi dalam bentuk laporan tertulis.

Perubahan Demokrasi Indonesia 1950 sampai dengan Era Reformasi
·    Perubahan demokrasi Indonesia 1950 sampai dengan era Reformasi.

Mengamati:
·    membaca buku teks, menyimak penjelasan guru, melihat foto-foto, film dokumenter, browsing di internet (jika tersedia) tentang Perubahan demokrasi Indonesia 1950 sampai dengan era Reformasi.  

Menanya:
·    menanya melalui kegiatan diskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang perubahan demokrasi Indonesia 1950 sampai dengan era Reformasi.

Mengeksplorasikan:
·    mengumpulkan informasi yang terkait dengan pertanyaan dan materi tentang perubahan demokrasi Indonesia 1950 sampai dengan era Reformasi melalui bacaan, pengamatan terhadap sumber sejarah, buku, foto-foto, film dokumenter, dan internet.

Mengasosiasikan:
·    mengevaluasi  data-data hasil wawancara, membaca buku, melihat foto-foto, menonton film dokumenter dan browsing di internet tentang perubahan demokrasi Indonesia 1950 sampai dengan era Reformasi.

Mengomunikasikan:
·    hasil evaluasi  dilaporkan dalam bentuk tulisan tentang perubahan demokrasi Indonesia 1950 sampai dengan era Reformasi.

Tugas:
·         membuat komparasi kehidupan demokrasi antara masa Demokrasi Liberal, Demokrasi Terpimpin, Demokrasi Pancasila dan demokrasi dalam era Reformasi.
·         membuat kliping pilkada di era Reformasi

Observasi, mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio:
Menilai laporan-laporan dan karya  peserta didik berkaitan dengan materi  tentang perubahan demokrasi di Indonesia tahun 1950 sampai era Reformasi


6 mg x 2 jp

·      Buku  Paket Sejarah Indonesia kelas XII
·      Buku-buku lainnya
·      Internet (jika tersedia)
·      Gambar-gambar  perubahan demokrasi Indonesia 1950 sampai dengan era Reformasi
·      Film dokumenter









Tidak ada komentar:

Posting Komentar