Satuan Pendidikan :
SMA Negeri 1 Sampang
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia (Wajib)
Kelas / Semester : X / Genap
Materi Pokok: Proses masuk dan berkembangnya agama
dan budaya Islam di Indonesia
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
1.1
Menghayati keteladanan para pemimpin
dalam mengamalkan ajaran agamanya.
1.2
Menghayati keteladanan para pemimpin
dalam toleransi antar umat beragama dan mengamalkannya dalam kehidupan
sehari-hari
2.1
Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai
hasil budaya pada zaman pra aksara, Hindu-Buddha dan Islam
3.7
Menganalisis berbagai teori
tentang proses masuk dan berkembangnya
agama dan kebudayaan Islam di Indonesia.
Indikator:
3.7.1 Menjelaskan letak
Indonesia yang strategis dengan benar
3.7.2 Mengidentifikasi
teori-teori tentang masuknya Islam ke Indonesia dengan benar
3.7.3 mennguraikan hubungan
dagang antara Persia- India – Indonesia dengan benar
3.7.4 Mengidentifikasi
bukti-bukti sejarah tentang masuknya Islam ke Indonesia dengan cermat
3.7.5 mengidentifikasi asal
agama dan budaya Islam yang masuk ke Indonesia dengan benar
4.7Mengolah
informasi mengenai proses masuk dan
perkembangan kerajaan Islam dengan menerapkan cara berpikir kronologis,
dan pengaruhnya pada kehidupan
masyarakat Indonesia masa kini serta mengemukakannya dalam bentuk tulisan
Indikator:
4.7.1menemukan pada peta letak Indonesia yang strategis
secara teliti dan benar
4.7.2 Menganalisis teori-teori
tentang masuknya Islam ke Indonesia berdasarkan sumber yang ada secara
kronologis dan benar
4.7.3 menemukan pada peta
hubungan dagang antara Persia- India – Indonesia secara teliti dan benar
4.7.4 Mengumpulkan bukti-bukti
sejarah berupa gambar atau foto tentang masuknya Islam ke Indonesia dengan
benar
4.7.5 menyimpulkan asal agama
dan budaya Islam yang masuk ke Indonesia dengan benar.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses menggali
informasi melalui berbagai fakta, menanya konsep, berdiskusi atas fakta dan
konsep, menginterprestasi mengasosiasi dan mengomunikasikan, siswa dapat :
1.
Menunjukkan nilai-nilai syukur pada
ciptaan Tuhan YME berupa mengamalkan ajaran agamanya secara benar
2.
Menunjukkan nilai-nilai toleransi
antar umat beragama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Menunjukkan sikap tanggung jawab
terhadap peninggalan hasil budaya pada masa islam
4.
Menunjukkan sikap jujur dalam mengerjakan
tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
5.
Menunjukkan sikap tanggungjawab dalam
mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
6. Menjelaskan letak Indonesia yang strategis dengan benar
7. Mengidentifikasi teori-teori tentang masuknya Islam ke Indonesia dengan
benar
8. menguraikan hubungan dagang antara Persia- India – Indonesia dengan
benar
9. Menemukan bukti-bukti sejarah tentang masuknya Islam ke Indonesia dengan
cermat
10. menyimpulkan asal agama dan budaya Islam yang masuk ke Indonesia dengan
benar
D. Materi
Pembelajaran
Fakta
·
Peta letak Indonesia yang strategis yang
berada pada jalur perdagangan dunia terutama Persia – India (Gujarat) -
Indonesia
·
2. MATERI
KONSEP
Teori-Teori Masuknya Islam
ke Indonesia
Menurut beberapa sejarawan, agama Islam baru masuk ke Indonesia pada abad ke-13 Masehi yang dibawa oleh para pedagang muslim. Meskipun begitu, belum diketahui secara pasti sejak kapan Islam masuk ke Indonesia karena para ahli masih berbeda pendapat mengenai hal tersebut. Setidaknya ada tiga teori yang mencoba menjelaskan tentang proses masuknya Islam ke Indonesia yaitu teori Mekkah, teori Gujarat, dan teori Persia.
Menurut beberapa sejarawan, agama Islam baru masuk ke Indonesia pada abad ke-13 Masehi yang dibawa oleh para pedagang muslim. Meskipun begitu, belum diketahui secara pasti sejak kapan Islam masuk ke Indonesia karena para ahli masih berbeda pendapat mengenai hal tersebut. Setidaknya ada tiga teori yang mencoba menjelaskan tentang proses masuknya Islam ke Indonesia yaitu teori Mekkah, teori Gujarat, dan teori Persia.
- Teori Gujarat, Teori yang dipelopori oleh Snouck Hurgronje ini menyatakan bahwa agama Islam baru masuk ke Nusantara pada abad ke-13 Masehi yang dibawa oleh para pedagang dari Kambay (Gujarat), India.
- Teori Persia, Teori ini dipelopori oleh P.A Husein Hidayat. Teori Persia ini menyatakan bahwa agama Islam dibawa oleh para pedagang dari Persia (sekarang Iran) karena adanya beberapa kesamaan antara kebudayaan masyarakat Islam Indonesia dengan Persia.
- Teori Mekkah, Teori ini adalah teori baru yang muncul untuk menyanggah bahwa Islam baru sampai di Indonesia pada abad ke-13 dan dibawa oleh orang Gujarat. Teori ini mengatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia langsung dari Mekkah (arab) sebagai pusat agama Islam sejak abad ke-7. Teori ini didasari oleh sebuah berita dari Cina yang menyatakan bahwa pada abad ke-7 sudah terdapat sebuah perkampungan muslim di pantai barat Sumatera.
Sebuah batu nisan berhuruf Arab milik seorang wanita muslim bernama Fatimah Binti Maemun yang ditemukan di Sumatera Utara dan diperkirakan berasal dari abad ke-11 juga menjadi bukti bahwa agama Islam sudah masuk ke Indonesia jauh sebelum abad ke-13.
Prinsip
o Sebab-sebab
islam mudah diterima di Indonesia
Prosedur
·
Keterkaitan secara benar dari letak Indonesia yang strategis dengan
masuknya pengaruh islam ke Indonesia
·
Mengkorelasikan secara sistematis bukti-bukti peninggalan sejarah dengan
teori masuknya agama dan budaya Islam di Indonesia
E. Metode Pembelajaran (Rincian dari
kegiatan Pembelajaran)
·
Pendekatan : saintifik
·
Model : inquiry, discovery learning
·
Metode : diskusi .Kerja kelompok dan Kaji Pustaka
F.
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
a.
Media :
·
Internet
·
Peta sejarah
·
Power point
b.
Alat/bahan
·
LCD,laptop
·
White board
·
Kartu pembelajaran
c.
Sumber Belajar
-
Djoened
Poesponegoro, Marwati, dan Nugroho Notosusanto. 2009. Sejarah
Nasional Indonesia II. Jakarta: Balai Pustaka.
- Kementerian
pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia. 2013
Sejarah
indonesia kelas x.
-
Soekmono,
R. 1985. Pengantar Sejarah Kebudayaan
Indonesia 2. Yogyakarta: Kanisius.
G. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi
salam pada saat memasuki kelas
2.
Seorang siswa memimpin berdoa sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
3.
Guru menanyakan
kabar siswa tentang bagaimana kabarnya kalian semua hari ini.
4.
Guru meminta
salah satu siswa untuk memimpin doa
5.
Guru meminta
siswa memperhatikan kebersihan kelas dan kerapian siswa dalam berpakaian.
6.
Guru menanyakan
tentang materi yang sudah dipelajarai dan terkait dengan materi yang akan
dipelajari tentang : ” agama apa yang masuk ke Indonesia setelah agama Hindu
Budha berkembang di Indonesia
7.
Guru
menampilkan peta sejarah tentang letak Indonesia yang strategi di jalur
perdagangan internasional
8.
Setelah siswa
mengamati peta, guru memberikan pertanyaan ”apa yang kalian pikirkan tentang
peta itu”
9.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
10. Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan
|
15 menit
|
Isi (kegiatan Inti)
|
Mengamati
· Mengamati peta sejarah dunia tentang letak Indonesia yang strategis
berada di jalur perdagangan internasional
· Guru membagi kelompok yang masing-masing beranggotakan 4-5 orang
· Guru meminta siswa membaca materi yang akan dipelajari selama 5 menit
Menanya
·
Melalui peta Menanyakan
dimana letak wilayah Indonesia, India (Gujarat), Persia, arab.
·
Menanyakan teori-teori
tentang masuknya agama Islam ke Indonesia
·
Menanyakan sumber
sejarah sebagai bukti masuknya agama Islam ke Indonesia
·
Menanyakan mengapa agama
Islam mudah diterima oleh masyarakat Indonesia
Mengeksplorasi
·
membaca materi
melalui buku pegangan siswa atau melihat di internit.
·
Menemukan
gambar atau foto lewat buku atauinternit mengenai sumber-sumber sejarah
masuknya agama Islam di Indonesia
·
Mengklasifikasikan
hasil identifikasi tentang proses masuknya Islam Ke Indonesia melalui buku
atau internit
·
mengidentifikasikan
sebab-sebab islam mudah diterima di Indonesia melalui buku atau interknit
Mengasosiasi
·
mendiskusikan rumusan
masalah yang sudah diberikan guru kepada masing-masing kelompok
·
membahas mencari
keterkaitan antara letak Indonesia yang strategis dengan proses masuknya
agama Islam ke Indonesia
Mengomunikasikan
·
mempresentasikan hasil diskusi terhadap
semua anggota dengan rasa percaya diri
·
menanggapi presentasi teman/kelompok
lain secara santun
·
Memenunjukkan
pada peta didepan kelompok lain tentang letak Indonesia yang sangat strategis
yang berada pada jalur perdagangan dari timur ke barat.
·
Mengomentari
hasil penjelasan melalui peta dan gambar.
·
Setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusinya sampai semuanya selesai.
|
140 menit
|
Penutup
|
1.
Guru bersama-sama
peserta didik membuat
rangkuman/kesimpulan
palajaran
2.
Melakukan refleksi, misalnya mengungkapkan kesulitan yang dialami dalam proses pembelajaran.
3.
Guru memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
4.
Guru melakukan tindak
lanjut dengan memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah dan menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu tentang “ proses
penyebaran Islam di Indonesia “
5.
Seorang siswa memimpin temannya
berdoa untuk mengakhiri pembelajaran dengan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar
|
20
enit
|
H. Penilaian
1.
Jenis/teknik penilaian
a.
Kompetensi
Sikap:
·
Observasi
·
Penilaian
diri
b.
Kompetensi
Pengetahuan:
·
Tes tertulis (pilihan ganda)
c.
Kompetensi
Keterampilan:
·
Portofolio.
2.
Bentuk instrumen dan instrumen
3.
Pedoman penskoran
Rubrik Instrumen
a. Peniaian Sikap
Format Lembar Pengamatan Sikap Peserta
Didik
No.
|
Sikap
Nama
|
Keterbukaan
|
Ketekunan belajar
|
Kerajinan
|
Tenggang rasa
|
Kedisiplinan
|
Kerjasama
|
Ramah dengan teman
|
Hormat pada
orang tua
|
Kejujuran
|
Menepati janji
|
Kepedulian
|
Tanggung jawab
|
Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d
5.
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten; dan
5 = selalu konsisten.
.
1.
Lembar penilaian Observasi
LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI
Mata
Pelajaran : Sejarah Indonesia(Wajib)
Kelas/Program : X/ IPA-IPS
Kompetensi : proses
masuk dan berkembangnya agama dan budaya islam di Indonesia
Materi : teori-teori
tentang masuk dan berkembangnya agama dan budaya Islam di Indonesia.
No
|
Nama Siswa
|
Sikap Pribadi
|
Sikap Ilmiah
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
||||
Displ
|
Tgjwb
|
Kritis
|
Objek
|
Tolr
|
|||||
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
|||||
Keterangan pengisian skor
4. Sangat
baik
3. Baik
2. cukup
1. Kurang
1.
Penilaian
Pengetahuan
Pilihlah salah satu jawaban
yang Anda anggap paling benar!
1. Teori yang menyatakan
bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-11 didasarkan pada peninggalan
sejarah berupa ....
a) makam Fatimah binti Maimun di Leran, Gresik
b) makam Sultan Malik ash Shaleh, di Sumatera Utara
c) makam Maulana Malik lbrahim di Gresik
d) komplek makam Tralaya di Trowulan, Mojokerto
e) kompleks makam air mata di Madura
2.
Salah seorang dan Wali
Songo yang paling sering menggunakan seni budaya sebagai media dalam berdakwa
adalah ....
a) Sunan Drajat
b) Sunan Bonang
c) Sunan Kalijaga
d) Sunan Muria
e) Sunan Gunung Jati
3.
1. Berdasarkan bukti
sejarah yang berupa nisan kubur dan tata masyarakatnya maka golongan pembawa
Islam ke Indonesia adalah para pedagang dari …
a. Arab
b. Persia
c. Gujarat
d. Cina
e. Mesir
a. Arab
b. Persia
c. Gujarat
d. Cina
e. Mesir
4.
Penduduk Indonesia
yang mula-mula mengenal agama Islam adalah…
a. masyarakat Indonesia yang tinggal di pedalaman
b. masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah pantai.
c. para raja dan keluarga bangsawan
d. masyarakat Indonesia yang belum beragama
e. para wali atau mubaliqh
a. masyarakat Indonesia yang tinggal di pedalaman
b. masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah pantai.
c. para raja dan keluarga bangsawan
d. masyarakat Indonesia yang belum beragama
e. para wali atau mubaliqh
5.
Berita pertama adanya
penyebaran Islam di Nusantara diperoleh pedagang Venetia yang bernama …
a. Ma Huan
b. Dante
c. Marcopolo
d. Jnanabadra
e. Hui ning
a. Ma Huan
b. Dante
c. Marcopolo
d. Jnanabadra
e. Hui ning
6.
Para pedagang Islam dari
Arab datang pertama kali ke Indonesia pada jaman berkuasanya kerajaan..
a. Samudra Pasai
b. Sriwijaya
c. Majapahit
d. Mataram
e. Tarumanegara
a. Samudra Pasai
b. Sriwijaya
c. Majapahit
d. Mataram
e. Tarumanegara
7.
Berdasarkan teori
baru Islam masuk ke Indonesia pada abad …. M
a. 6
b. 7
c. 8
d. 11
e. 13
a. 6
b. 7
c. 8
d. 11
e. 13
8.
Yang tidak termasuk
cara-cara penyebaran Islam di Indonesia adalah melalui ..
a. penaklukkan
b. perkawinan
c. perdagangan
d. pendidikan
e. Dakwah
a. penaklukkan
b. perkawinan
c. perdagangan
d. pendidikan
e. Dakwah
9.
Salah satu lembaga
pendidikan yang pertama didirikan di pulau jawa adalah pesantren Ampel Denta
yang didirikan oleh…
a. Makdum Ibrahim
b. Malik Ibrahim
c. R. Paku
d. Ja’far Shodiq
e. R. Rahmat
a. Makdum Ibrahim
b. Malik Ibrahim
c. R. Paku
d. Ja’far Shodiq
e. R. Rahmat
10. Wujud akulturasi dalam seni sastra yang
berbentuk dongeng yang berpangkal dari peristiwa/tokoh sejarah di sebut
dengan….
a. Babad
b. Hikayat
c. Suluk
d. Primbon
e. Sya’ir
a. Babad
b. Hikayat
c. Suluk
d. Primbon
e. Sya’ir
Kunci Jawaban
1. A 6.
A
2. B 7.
B
3. C 8.
C
4 D 8.
D
5. E 10.
E
Rubrik Penilaian Presentasi
No.
|
Nama Siswa
|
A s p e k P e n i l a i a n
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
Ket.
|
||||||
Komuni
kasi
|
Sistemati ka
penyam
Paian
|
Wawa
san
|
Kebera nian
|
Antusias
|
Gesture
dan penampilan
|
||||||
Keterangan Skor :
Masing-masing
kolom diisi dengan kriteria
4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1 =
Kurang
∑ Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal (20)
Kriteria Nilai
A = 80
– 100 : Baik Sekali
B = 70 – 79 : Baik
C = 60
– 69 : Cukup
D = ‹
60 : Kurang
2. Format Penilaian keterampilan (Makalah)
Struktur
Makalah
|
Indikator
|
Nilai
|
Pendahuluan
|
Menunjukkan dengan tepat isi :
· Latar belakang
· Rumusan masalah
· Tujuan penulisan.
|
|
Isi
|
· Ketepatan pemilihan gambar
· Orisinalitas makalah
· Mengidentifikasi teori-teori tentang masuknya agama dan budaya islam
ke Indonesia di Indonesia
· Struktur/logika penulisan disusun dengan jelas sesuai metode yang
dipakai
· Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif
· Daftar pustaka yang dapat dipertanggungjawabkan (Ilmiah)
· Menghindari sumber (akun) yang belum dikaji secara ilmiah
|
|
Penutup
|
· Kesimpulan sesuai dengan rumusan masalah
· Saran relevan dengan kajian, dan berisi pesan untuk peningkatan
kepedulian terhadap hasil peninggalan sejarah Hindu-Budha di Indonesia
|
|
Jumlah
|
|
∑ Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal (48)
DISKUSI SISWA
·
Melalui peta Menanyakan dimana letak wilayah
Indonesia, India (Gujarat), Persia, arab.
·
Menanyakan teori-teori tentang masuknya agama Islam ke
Indonesia
·
Menanyakan sumber sejarah sebagai bukti masuknya agama
Islam ke Indonesia
·
Menanyakan mengapa agama Islam mudah diterima oleh
masyarakat Indonesia
KUNCI
JAWABAN DISKUSI SISWA
1.peta letak Indonesia yang strategis
2.
Teori-teori tentang masuknya agama dan budaya Islam di
Indonesia
- Teori Gujarat, Teori yang dipelopori oleh Snouck Hurgronje ini menyatakan bahwa agama Islam baru masuk ke Nusantara pada abad ke-13 Masehi yang dibawa oleh para pedagang dari Kambay (Gujarat), India.
- Teori Persia, Teori ini dipelopori oleh P.A Husein Hidayat. Teori Persia ini menyatakan bahwa agama Islam dibawa oleh para pedagang dari Persia (sekarang Iran) karena adanya beberapa kesamaan antara kebudayaan masyarakat Islam Indonesia dengan Persia.
- Teori Mekkah, Teori ini adalah teori baru yang muncul untuk menyanggah bahwa Islam baru sampai di Indonesia pada abad ke-13 dan dibawa oleh orang Gujarat. Teori ini mengatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia langsung dari Mekkah (arab) sebagai pusat agama Islam sejak abad ke-7. Teori ini didasari oleh sebuah berita dari Cina yang menyatakan bahwa pada abad ke-7 sudah terdapat sebuah perkampungan muslim di pantai barat Sumatera.
3.Peninggalan Sejarah Islam di Indonesia
Islam masuk ke Indonesia sekitar abad ke-13.
Bukti-bukti yang menunjukkan pengaruh Islam di Indonesia antara
lain sebagai berikut.
a. Batu nisan Sultan Malik as Shaleh yang berangka tahun 1297. Sultan Malik as Shaleh adalah pendiri Kerajaan Samudera Pasai.
b. Catatan Marcopolo 1292, seorang musafir dari Venesia. Ia menuliskan bahwa pada tahun tersebut penduduk Kota Perlak sudah memeluk Islam.
c. Catatan Ibnu Batutah, seorang musafir dari Tunisia 1345–1346. Ia menuliskan bahwa agama Islam berkembang di Samudera Pasai. Menurut Prof. Dr. Hamka, Islam masuk Indonesia berasal dari Mekah dan Mesir.
a. Batu nisan Sultan Malik as Shaleh yang berangka tahun 1297. Sultan Malik as Shaleh adalah pendiri Kerajaan Samudera Pasai.
b. Catatan Marcopolo 1292, seorang musafir dari Venesia. Ia menuliskan bahwa pada tahun tersebut penduduk Kota Perlak sudah memeluk Islam.
c. Catatan Ibnu Batutah, seorang musafir dari Tunisia 1345–1346. Ia menuliskan bahwa agama Islam berkembang di Samudera Pasai. Menurut Prof. Dr. Hamka, Islam masuk Indonesia berasal dari Mekah dan Mesir.
4.
Sebab-sebab
Islam mudah diterima di Indonesia
Banyak faktor pendukung
yang memudahkan agama Islam diterima oleh masyarakat Indonesia, di antaranya
adalah:
Persyaratan masuk Islam sangat mudah, cukup
dengan mengucapkan dua kalimat syahadat
·
Pelaksanaan ibadah
sederhana dan murah
·
Agama Islam tidak mengenal
pembagian kasta, sehingga bisa diterima oleh seluruh lapisan
masyarakat
·
Aturan-aturannya fleksibel
dan tidak memaksa
·
Penyebarannya dilakukan
secara damai
·
Para penyebar Islam
menunjukkan sikap teladan serta pandai menyesuaikan diri dalam masyakarat
·
Setelah berdirinya kerajaan
Islam di Nusantara, para rajanya berperan aktif dalam menyebarkan Islam kepada
rakyatnya.
Mengetahui, Sampang, 2013
Kepala Sekolah, Guru
Mapel,
(Dr. H.
Asmaun Saleh, M.Pd (Siti Nurhasanah,S.Pd )
NIP.19580316 198403 1 006 NIP.19740227 199703 2 005
makasih soalnya
BalasHapusmakasih soalnya
BalasHapus